HEBOH! Iklan Red Bull Ini Dianggap Melecehkan Indonesia

HEBOH! Iklan Red Bull Ini Dianggap Melecehkan Indonesia

iklan 336x280 iklan link responsive
iklan 336x280 iklan link responsive

Baca Juga

SebarSebarin.org - Beberapa hari belakangan ini masyarakat dibuat geram dengan kemunculan sebuah video promosi yang dibuat oleh sebuah minuman energi Red Bull di akun resmi Facebooknya. Dalam video promosi yang menghebohkan ini ada beberapa adegan yang dinilai melecehkan cagar budaya dunia dan agama Buddha itu.



Video ini akhirya mendapat kecaman karena mengindahkan larangan memanjat dinding candi yang terdapat di borobudur.

“Batu-batu candi itu disusun begitu saja tanpa perekat lem, kalau dia (bintang iklan) lompat-lompat bisa mengakibatkan batu-batu itu jatuh, orangnya juga jatuh, nanti Borobudur lagi yang disalahin
Source: www.aktualita.co

Dugaan pelecehan Borobudur oleh Red Bull

video-red-bull-pasha-at-borobudur
via: http://www.beritakepo.com

Video promosi ini sendiri dibintangi oleh Pasha Petkuns yang merupakan merupakan atlet free runner dari Daugavpils Latvia. Pasha memulai videonya dari adeganmeditasi yang diduga dilakukan di kawasan Hotel Manohara di komplek Taman Wisata Candi Borobudur.

Lalu pria itu berlari, melompat di dinding candi, berjingkrak hingga menginjak salah satu dasar stupa candi peninggalan Raja Samaratungga pada dinasti Syailendra ini.

Masyarakat mengecam tindakan ini karena Red Bull dan Pasha dianggap tidak menghormati peninggalan nenek moyang. Sebenarnya pihak pengelola sudah mengeluarkan larangan agar pengunjung tidak memanjat dan menginjak stupa karena adalah peninggalan sejarah budaya Indonesia.

Setelah mendapatkan kecaman dari berbagai pihak, video ini menghilang dari halaman Red Bull dan foto foto yang ada di website milik Serge Shakuto, fotografer yang mengambil foto Pasha saat itu menghilang dari dunia maya. Pihak Balai Konservasi Borobudur (BKB) masih mempertanyakan apa motif dan maksud Red Bull membuat video promosi ini, apalagi setelah belakangan diketahui kalau Red Bull tidak meminta izin secara resmi dari Balai Konservasi Borobudur (BKB) terkait pengambilan video dan foto foto ini.

“Kami sudah tanyakan kepada mereka maksud dari adegan iklan itu, kami juga kirim ke inbox di Facebook-nya, tetapi belum direspons,”
Source: regional.kompas.com

Red Bull dianggap tidak hargai Indonesia



Mnculnya video kontroversial itu menjadi pelajaran berharga bagi BKB agar tidak lagi “kecolongan” pada masa yang akan datang. Menurut dia, adegan-adegan dalam video berdurasi 1 menit 23 detik itu memperlihatkan tidak adanya respect terhadap cagar budaya peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia.

Balai Konservasi Borobudur (BKB) meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk memberikan sanksi kepada pihak Red Bull internasional dan perwakilannya di Indonesia terkait dengan video ini.

“Upaya komersialisasi dengan memanfaatkan nama besar Candi Borobudur tidaklah ditabukan, tetapi harus tetap dilakukan dengan mempertimbangkan pengaruhnya terhadap keagungan dan kelestarian Candi Borobudur,”
Source: regional.kompas.com

Sebelum video ini dihapus seorang netizen sempa menuliskan protes di kolom komentar video ini.

“Hello, Red Bull! Hello, Strangers! We know you had fun, but Please Do Respect of our Borobudur temple and the local communities. It’s a holy Mandala for the devotees. You may be do not aware of how we feel care to it, we wish Borobudur continue to strong for the next thousand years a head. Please be responsible for your act!”
Source: regional.kompas.com

“Ini videonya ngawur. Saya Sedih dan marah melihat Candi Borobudur diinjak-injak seenaknya untuk kepentingan semacam itu,”
Source: regional.kompas.com

“Saya yakin BKB tidak bakal mengijinkan syuting atau kegiatan yang jelas berpotensi merusak candi Borobudur,”
Source: regional.kompas.com

Hingga hari ini pihak Red Bull belum memberikan keterangan resmi terkait dengan adanya video kontroversial ini.

sumber: aktualita.co
iklan 336x280 iklan link responsive (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

HEBOH! Iklan Red Bull Ini Dianggap Melecehkan Indonesia
4/ 5
Oleh